Apple akan Pindahkan Sebagian Produksi iPhone ke India

Apple akan Pindahkan Sebagian Produksi iPhone ke India

Saat ini Apple memproduksi sebagian besar iPhone lewat manufaktur di China. Untuk mengatasi ketergantungan terhadap pabrik di China, Apple dilaporkan akan memindahkan produksi iPhone dalam jumlah signifikan ke India.

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh harian Economic Times, Selasa (12/5/2020), petinggi Apple dikabarkan telah berkomunikasi dengan pemerintah India dalam beberapa bulan terakhir.

Apple dikabarkan berencana memindahkan sampai 20% produksi iPhone ke India dengan nilai total USD 40 miliar. Produksi ini akan ditangani langsung oleh perusahaan manufaktur seperti Wistron dan Foxconn.

“Kami mengharapkan Apple untuk memproduksi smartphone dengan nilai total USD 40 miliar, sebagian besar untuk ekspor lewat manufaktur kontrak Wistron dan Foxconn, memanfaatkan keuntungan di bawah skema production-linked incentive (PLI),” kata petinggi pemerintah India.

Skema PLI adalah inisiatif yang baru saja dikenalkan oleh pemerintah India demi mendorong industri manufaktur smartphone dalam negeri. Perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan dari skema ini diharuskan memproduksi setidaknya smartphone bernilai total USD 10 miliar secara bertahap dari 2020 sampai 2025.

Saat ini Apple menjual USD 1,5 miliar iPhone di India, tapi kurang dari USD 0,5 miliar dari jumlah tersebut yang diproduksi secara lokal. Jauh apabila dibandingkan dengan USD 220 miliar iPhone yang diproduksi Apple di China pada tahun 2018-2019.

Apple diketahui sudah memproduksi beberapa iPhone lawas di India, seperti iPhone 7 dan iPhone 8, lewat Winstron dan Foxconn. Baru-baru ini mereka juga sudah mulai memproduksi iPhone XR di India.

Spread the love