Apple Telah Resmi Meluncurkan Flagship Terbarunya iPhone 12 Series

Apple Telah Resmi Meluncurkan Flagship Terbarunya iPhone 12 Series

Apple kini resmi meluncurkan jajaran iPhone terbarunya pada sebuah acara peluncuran bertajuk “Hi, Speed” yang digelar secara virtual, Selasa (13/10/2020) pukul 10 pagi waktu setempat (PDT) atau Rabu dini hari 14 Oktober pukul 00.00 WIB.

Melanjutkan generasi sebelumnya, yang juga sejalan dengan rumor terakhir, iPhone teranyar ini resmi dirilis dengan nama iPhone 12.

Total ada empat varian iPhone yang diluncurkan Apple untuk tahun 2020, yakni iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 mini.

Keempat iPhone tersebut kompak memiliki dapur pacu chipset terkuat besutan perusahaan Apple, A14 Bionic, yang sudah dilengkapi dengan dukungan 5G.

“Kita sudah sampai di era baru. Hari ini, kami mengadopsi dukungan 5G untuk pertama kalinya ke jajaran iPhone,” ujar CEO Apple, Tim Cook, di panggung acara virtual.

“Konektivitas 5G bisa memberikan performa jaringan yang lebih mumpuni, baik itu streaming video berkualitas tinggi, pengalaman gaming responsif serta tingkat latensi rendah, dan masih banyak lagi,” imbuh Tim.

Secara desain, bagian depan keempat iPhone 12 ini sudah menggunakan layar dengan panel berjenis OLED Super Retina XDR.

Bagian atasnya juga masih dihiasi poni (notch) lebar khas Apple yang sudah ada sejak iPhone X. Modul ini memuat satu kamera selfie dengan sensor yang berfungsi sebagai sistem biometrik Face ID.

Karena masih masih menggunakan notch yang sama, tampilan keempat iPhone 12 sekilas ini sama persis dengan generasi sebelumnya, yakni trio iPhone 11.

Perbedaan terletak di bingkai ponsel yang kini tampak rata (squared), tidak membulat (rounded), mirip seperti desain bingkai iPhone 4, iPhone 5, dan iPhone SE (2016), serta iPad Pro dan iPad Air 2020.

Di segi ketahanan, keempat iPhone 12 ini sudah dilapisi dengan kaca pelindung ceramic shield yang diklaim empat kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Keempat iPhone ini juga dibekali dengan sertifikasi IP68 dan diklaim bisa tahan berada di bawah air dengan kedalaman enam meter selama 30 menit.

Meski ada beberapa kesamaan, keempat iPhone terbaru ini sejatinya berbeda. Baik dari segi ukuran layar, tampilan belakang, maupun spesifikasi.

iPhone 12 mini dan iPhone 12

iPhone 12 mini menjadi varian iPhone pertama yang mengusung embel-embel “mini”. Seperti namanya, layar ponsel ini paling mini dibanding ketiga “saudaranya”, yakni dengan diagonal 5,4 inci.

Di punggungnya, terdapat dua kamera yang tersemat dalam modul persegi, terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.6, wide) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.4, berbidang pandang 120 derajat).

Fitur penunjang fotografi mencakup Night Mode yang kini, untuk pertama kalinya di iPhone 12, mendukung foto dari seluruh kamera, baik itu kamera selfie, kamera utama, maupun kamera ultrawide.

iPhone 12 dan 12 mini hadir dalam tiga varian memori internal, yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Ada lima warna yang bisa dipilih, yakni Black, White, PRODUCT (Red), Green, dan Blue.

iPhone 12 dibekali dengan spesifikasi yang nyaris sama persis dengan iPhone 12 mini. Hanya saja, ukuran layarnya yang sedikit lebih besar dari pada si mini, yakni 6,1 inci.

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Ukuran layar iPhone 12 Pro sebenarnya sama dengan varian iPhone 12 standar, yakni 6,1 inci.

Namun, tampilan punggung ponsel ini berbeda, lantaran dilengkapi denga tiga kamera yang ditampung di modul persegi, mencakup kamera utama 12 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP.

Kamera di iPhone 12 Pro kini menunjang beragam fitur Pro yang mumpuni, seperti Apple ProRAW yang bisa menghasilkan gambar RAW berkualitas tinggi, serta dukungan perekaman video 4K 60 fps dan mode perekaman Dolby Vision HDR.

Selain itu, deretan kamera ini juga ditemani dengan sensor scanner yang pertama kali debut di iPad Pro 2020, yakni sensor LiDAR.

Sensor ini memiliki kemampuan memindai objek 3D yang sedang dibidik kamera, sehingga dapat mengukur jarak dengan benda lain, dengan akurat dan mulus.

iPhone 12 Pro dan Pro Max sendiri hadir dalam tiga varian memori internal, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Warna yang bisa dipilih ada 4, yakni Graphite, Silver, Gold, dan Pacific Blue.

Lantas bagaimana dengan fitur iPhone 12 Pro Max? Varian teratas iPhone 12 ini sebenarnya dibekali dengan spesifikasi yang nyaris identik dengan iPhone 12 Pro. Perbedaan hanya terletak di bagian sensor kamera dan layar yang sedikit lebih besar, yakni 6,7 inci.

Spread the love