OnePlus 8 Pro Tak Sengaja Menciptakan Kamera Tembus Pandang

OnePlus 8 Pro Tak Sengaja Menciptakan Kamera Tembus Pandang

OnePlus 8 Pro punya fitur yang tak lazim ada di sebuah ponsel, yaitu fitur yang dapat membuat kameranya punya kemampuan layaknya sensor x-ray.

Fitur ini membuat kameranya bisa dipakai melihat beberapa macam objek tertentu secara tembus pandang. Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka aplikasi kamera dan membuka filter Photochrom, lalu arahkan kamera ke objek yang berwarna hitam.

Dilansir dari The Verge, Minggu (17/5/2020), filter ini hanya berfungsi pada beberapa jenis material tertentu seperti plastik tipis berwarna hitam, yang sebenarnya juga hampir tembus pandang dengan pencahayaan tertentu.

Filter ini pun sebenarnya bukan sebuah x-ray, melainkanĀ  sensor inframerah yang ada pada bagian belakang ponsel untuk memotret objek.

Orang pertama memamerkan trik ini adalah Ben Geskin, yang memposting sebuah video singkat di Twitter. Kemudian ada juga Lew Later dari Unbox Therapy yang membuat video serupa untuk melihat sejumlah objek seperti Apple TV, remote Switch, dan kaos tipis berwarna hitam.

OnePlus belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait keberadaan fitur ini. Namun tampaknya Photochrom ini memanfaatkan sensor infra merah di OnePlus 8 Pro, untuk merekam radiasi cahaya yang tak tertangkap mata manusia.

Keberadaan sensor infra merah ini tak cuma ada di OnePlus 8 Pro, tetapi juga terdapat pada beberapa ponsel flagship lain. Salah satunya adalah kamera TrueDepth di iPhone, yang menggunakan cahaya infra merah saat memindai wajah untuk FaceID.

Kamera tersebut pun bisa fungsikan lewat aplikasi yang dibuat oleh Guilherme Rambo. Namun hal ini hanya bisa dilakukan di iPhone yang sudah di-jailbreak.

Spread the love