Selain TikTok Diketahui Ada 50 Aplikasi Ngintip Clipboard Pengguna iOS

Selain TikTok Diketahui Ada 50 Aplikasi Ngintip Clipboard Pengguna iOS

Beberapa hari yang lalu aplikasi TikTok dilaporkan membaca clipboard pengguna iPhone. Hal ini diketahui setelah diluncurkannya iOS 14 yang di mana salah satu fiturnya adalah banner peringatan privasi yang memberitahukan pengguna apakah sebuah aplikasi mengakses clipboard atau tidak.

Dilansir dari Ubergizmo kini setelah diselediki lebih dalam ternyata bukan hanya TikTok saja tapi juga ada banyak aplikasi lainnya.

Mengutip dari ArsTechnica seorang peneliti Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk mengungkapkan selain TikTok ada lebih dari 50 aplikasi iOS lainnya melakukan hal yang serupa.

Mulai dari aplikasi portal berita Wall Street Journal, New York Times, dan Fox News, dan beberapa aplikasi game seperti Fruit Ninja dan PUBG Mobile. Lalu juga aplikasi media sosial seperti Viber dan Weibo, jadi bukan hanya TikTok.

“Ini sangat, sangat berbahaya. Aplikasi ini membaca clipboard dan tidak ada alasan untuk melakukan ini. Aplikasi yang tidak memiliki bidang teks untuk memasukkan teks, tidak memiliki alasan untuk membaca teks clipboard.” kata Mysk

Tidak ada tau alasan mengapa aplikasi-aplikasi ini mencoba untuk mengakses clipboard pengguna.

Namun atas kejadian TikTok kemarin, perusahaan asal China ini berdalih karena perusahaan ingin mencegah spam dan mereka pun berjanji tidak akan lagi mengakses clipboard pengguna secara otomatis. Fungsi ini dijanjikan segera hadir pada update terbaru aplikasi mereka.

Untuk diketahui, clipboard di smartphone kita berisi informasi penting. Kita sering menyalin informasi rahasia seperti password, nomor kartu kredit, alamat rumah, dan hal personal lainnya. Jadi, kebocoran data clipboard bisa sangat berisiko.

Spread the love